Genpi Jogja Gelar Kelas Membuat Press Release di Brainspot Sleman City Hall

Sleman, 6 Desember 2017 Genpi Jogja Divisi Web mengadakan kelas untuk Pembuatan Press Release di Brainspot Working Space Sleman City Hall. Kelas ini diikuti oleh belasan anggota Genpi Jogja dan sebagai pembicaranya adalah Iwan Pribadi, seorang pegiat event di Jogja yang sudah teruji integritasnya.
 
Meski sore hari hujan mengguyur deras, namun tidak menyurutkan semangat kawan-kawan Genpi Jogja untuk datang mengikuti kelas. Mas Iwan sendiri sempat datang sedikit terlambat karena hujan. Kemudian segeralah ia menyampaikan tentang seluk beluk Press Release. Mulai dari tujuan dibuatnya press release, cara membuatnya, kemudian bagian-bagiannya lengkap dijelaskan. Kawan-kawan Genpi Jogja pun menyimak dengan antusias. 

“Press Release itu tujuannya memudahkan media untuk memberitakan acara yang kita buat atau yang mereka hadiri. Jadi sudut pandangnya harus sudut pandang berita.” paparnya.
Berikut ini tips-tips membuat press release yang harus diperhatikan:
1.       Tidak semua acara/kegiatan/peristiwa dibuatkan rilis.
2.       Harus tahu audience yang dituju
3.       Apakah tujuan atau isinya mempunyai nilai berita yang tinggi,
4.       Harus tahu kapan waktu pengiriman rilis ke media. Biasanya pra, on dan pasca even.

Kemudian rilis sebaiknya pada paragraf pertama sudah mencakup 5W1H dan apa yang akan dijelaskan di rilis tersebut. Sebab para wartawan/media tidak mempunyai waktu banyak untuk membaca semuanya. Kudul harus jelas, singkat dan menarik. Kemudian pada penutup jangan lupa diberikan kontak media yang siap menjawab segala pertanyaan. Biasanya pada akhir rilis juga diberikan editorial note tentang penyelenggara acara. 

Untuk masalah pengiriman demi menjaga data agar tetap aman maka sebaiknya gunakan BCC pada email. Maksimal dapat mengirim ke 5 alamat email. Kemudian format rilis sebaiknya dokumen ber-kop dan dilengkapi beberapa foto atau video. Bisa juga diunggah ke google drive sehingga tinggal mengirimkan linknya saja ke media. 

Adanya kelas membuat press release ini membuat kawan-kawan Genpi Jogja mendapat ilmu baru. Apalagi diadakan di Brainspot Sleman City Hall. Tempatnya yang nyaman dan free wifi makin membuat betah untuk belajar.

“Free wifi, Kak. Nggak ada passwordnya langsung connect,” kata Mbak Tika selaku Markcom Sleman City Hall.

Brainspot Working ini masih baru, berada di Lantai 1 Sleman City Hall.  Areanya luas, terdapat kursi-kursi dan meja yang tertata rapi. Rak buku menjadi sekat agar tidak begitu terganggu dengan area luar. Ada beberapa bean bag dan alas rumput sintetis jika ingin duduk lesehan. Tak perlu takut kehabisan daya gawai, banyak colokan yang disediakan. Namun, sedikit jauh dari toilet yang berada di pojokan. Sebaiknya tetap mengajak kawan agar ada yang menjaga barang bawaan ketika ditinggal ke toilet. 

Brainspot Working Space Sleman City Hall diharapkan dapat menjadi salah satu alternative bagi para millennial sebagai tempat mengerjakan tugas atau menjadi kantornya para millennial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Coday Coffee Lab&Roastery, Laboratorium Kopi di Pinggir Kota Jogja

Maison Daruma Coffee and Roastery, Roastery Bernuansa Jepang di Jogja

Satay Kato Kuliner Baru di Jogja