Icip-icip Bothok di Toko Bothok Angkring


Bothok, siapa yang tak kenal bothok? Kuliner khas Jawa dari ampas kelapa yang dikukus dan dibungkus dengan daun kelapa ini sudah ada sejak zaman dulu. Biasanya dicampur dengan biji mlandhingan atau petai cina. Seiring berjalannya waktu bothok sudah jarang ditemui. Mungkin hanya dijual di pasar-pasar tradisional. Dulu sewaktu saya kecil, saat di rumah ada pohon petai cina ibu sering memasak bothok manding biasanya dicampur ikan teri. Sungguh membuat rindu masakan ibu saat itu. 

Sangat beruntung beberapa waktu lalu saya diajak kawan mencicipi olahan bothok Toko Bothok Angkring yang berada di Jalan Karawitan III, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya strategis berada di tengah pemukiman Sonosewu dan dekat dengan kampus PGRI dan UMY. Saat itu kami janjian jam satu siang dan mentari cukup terik, namun sesampainya di lokasi suasana di Toko Bothok Angkring ini tetap asri. Bangunan dari kayu dan bamboo, membuat serasa kembali ke masa lalu. Jalanan sekitar juga masih banyak pohon-pohon rindang.


Menu utama yang disajikan di Toko Bothok Angkring ini tentu saja olahan Bothok. Terdapat sekitar 28 varian bothok yang dijual. Namun setiap harinya akan dirolling varian menunya. Jadi hanya sekitar 7 varian saja setiap harinya. Kali ini kami mencicipi Bothok Manding, Bothok Urang Kali, Bothok Pete, Bothok Kecombrang, Bothok Telur Asin, Bothok Mercon dan Bothok Teri. Bothok ini bisa dinikmati kapan saja, pagi, siang, bahkan malam. 

Di dalam Bothok Mercon kalian akan menemukan potongan-potongan cabai yang akan menggugah selera makan. Bothok Bunga Kecombrang yang menurut saya unik, karena aroma kecombrang sangat terasa ketika berada di dalam mulut. Disantap dengan nasi hangat dan menu lain seperti oseng bunga papaya, sayur lodeh, gecok menthok yang semakin memanjakan lidah. Ada juga menu seperti iwak kali, tempe goreng, tahu goreng serta sambal yang maknyus. Oiya, pisang gorengnya wajib kalian coba. 

Aneka menu di Toko Bothok Angkring ini bisa kalian santap mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000 saja. Murah meriah bukan? Di sini sistemnya adalah prasmanan, jadi kalian bisa mengambil sendiri nasi dan sayur yang kalian suka. 

Tak ketinggalan menu minumannya pun beragam. Ada Es Pakel dari buah pakel yang biasanya tidak bernilai ekonomis diolah di toko ini menjadi es yang sangat menyegarkan. Ada juga Es Susu Secang, Es Bunga Telang, Es Rosella, Wedang Secang dan lain-lain. 

Toko Bothok Angkring ini buka dari pukul 11.00-23.00 WIB. Mas Inu, empunya toko mengatakan bahwa toko ini berawal dari saat beliau membuka stand di Pasar Kangen Jogja tahun lalu. Setelah event tersebut pun pesanan bothoknya juga masih laris manis. Bahkan sekarang juga mempunyai reseller online. Karena banyak yang menanyakan di mana tokonya maka berdirilah Toko Bothok Angkring ini.

Oiya, toko ini juga menerapkan konsep ramah lingkungan lho gaes.. jika kalian ingin membawa pulang bothok maka akan dibungkus menggunakan wadah kertas seperti gambar di bawah ini. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Coday Coffee Lab&Roastery, Laboratorium Kopi di Pinggir Kota Jogja

Maison Daruma Coffee and Roastery, Roastery Bernuansa Jepang di Jogja

Satay Kato Kuliner Baru di Jogja