360° Dome Theatre, Wahana Edukasi dengan Teknologi Baru

Dome, siapa yang tak kenal bentuk bangunan setengah lingkaran ini. Dome identik dengan rumah suku Eskimo di Kutub Utara. Di Indonesia, dome juga digunakan untuk bangunan rumah tahan gempa. Kali ini, dome menjadi sebuah bangunan bioskop edukasi. 


Kali ini saya bersama kawan-kawan Genpi Jogja singgah ke 360° Dome Theatre yang berada di Jalan Parangtritis km 5,5 Bangunharjo, Sewon, Bantul. Bangunan setengah lingkaran berwarna putih itu baru dibuka sejak 1 Mei 2019. Disekelilingnya terdapat kolam dan air mancur yang membuat sejuk suasana. Ada pula Dome Cafe yang siap memanjakan perut para pengunjung.


Tarif masuk 360° Dome Theatre ini untuk dewasa dibanderol Rp 25.000 sedangkan anak-anak umur 2-5 tahun Rp 16.000. Masyarakat dapat berkunjung dari pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB. Jam operasional ini hanya untuk saat ramadan. Sedangkan untuk bulan Juni sudah berlaku jam operasional baru yaitu pukul 14.00-21.00 WIB. Kalian akan menikmati lebih banyak film yang dihadirkan setiap jamnnya. Film yang diputar bertema edukasi, kartun dan kompilasi. Film-film ini diputar dengan durasi antara 25-35 menit.


Ketika memasuki kubah putih ini kalian akan diberi kantong untuk wadah alas kaki. Setelah masuk kalian akan terpesona oleh banyaknya bintang di langit kubah dan baru menyadari bahwa ternyata di dalam kubah ini beralaskan rumput sintetis. Tidak ada satu kursi pun seperti bioskop pada umumnya. Kalian dapat duduk atau tidur-tiduran sesuka kalian untuk menikmati layar luas di dinding kubah. Di dalam terdapat beberapa peraturan antara lain tidak boleh mengambil foto dengan blitz dan tidak boleh berisik, karena berbicara sedikit pun suara kalian akan bergema. 

Menurut Mbak Endah selaku marketing, dome ini muat hingga 400 orang. Dome ini dilengkapi dengan 6 proyektor dan sound berkualitas tinggi. Video yang kami lihat pertama adalah 'Amazing Planet' bercerita tentang terjadinya planet. Kemudian disusul beberapa video kompilasi tema-tema film yang akan dihadirkan di 360° Dome Theatre ini. Sayangnya semua film berbahas Inggris, namun kedepannya akan ada subtitlenya. Bahkan bisa jadi sudah didubbing.

Jika setelah menonton kalian merasa lapar, tak perlu khawatir. Pengunjung dapat mencicipi kuliner di Dome Cafe. Terdapat banyak menu yang melaparkan mata. Ada kebab, bakso, mie jawa, dimsum, rice box, dan masih banyak lagi. Aneka minuman juga tersedia dari es teh hingga jus. Harganya juga terjangkau sekitar Rp 5.000 hingga 25.000. Kalau hanya ingin menghabiskan waktu atau nongkrong di Dome Cafe juga bisa. Meski berada di kawasan 360° Dome Theatre namun masuknya tidak dikenakan tiket.

    Suasana senja di area 360 Dome Theatre


    Dome Cafe

 Untuk lebih jelasnya kalian dapat memfollow akun IG @360_dometheatre


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Coday Coffee Lab&Roastery, Laboratorium Kopi di Pinggir Kota Jogja

Maison Daruma Coffee and Roastery, Roastery Bernuansa Jepang di Jogja

Satay Kato Kuliner Baru di Jogja